Facebook Luncurkan Peta Interaktif Penyebaran Virus Corona

Facebook baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru berhubungan dengan cara mengatasi penyebaran virus corona yang ada di seluruh dunia.

Kali ini, mereka mencoba untuk memetakan seberapa cocok gejala yang terjadi kepada para pasien Covid-19 berdasarkan wilayah tertentu.

Fitur peta interaktif ini secara resmi diperkenalkan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg Senin (20/4/2020) waktu setempat.

Dalam postingan yang dibuatnya, dia mengatakan telah mengumpulkan data dari seluruh wilayah di Amerika untuk membuat peta tersebut.

“Hari ini kami merilis peta pertama dari gejala Covid-19 yang dilaporkan pengguna kami di seluruh Amerika, berdasarkan data agregat dari survei opt-in yang kami jalankan bersama para peneliti di Carnegie Mellon,” kata Zuck.

Dia mengatakan, harapan dari peta interaktif ini akan membantu pemerintah daerah dan pejabat kesehatan masyarakat lebih memahami dimana mengalokasikan sumber daya dan pada akhirnya, memutuskan daerah mana yang aman untuk kembali beraktifitas secara normal.

Untuk sementaara ini, peta interaktif ini hanya akan menampilkan wilayah di Amerika saja. Namun, Zuck menjanjikan bahwa peta interaktif ini akan dapat digunakan di seluruh dunia dalam waktu dekat ini.

Selain Facebook, beberapa perusahaan teknologi lain seperti Google dan Apple juga memiliki teknologi untuk melacak pola kebiasaan orang saat pandemi ini terjadi. Mereka sama-sama mulai bekerja pada sistem pelacakan kontrak berbasis smartphone.

Di sisi lain, pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger baru-baru ini meluncurkan Rt.live yang menggunakan metrik untuk melacak penyebaran COVID-19 secara real time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5B3EE8CA50191